Pramudya, Atlet Bulutangkis yang Dulu Harumkan Indonesia Kini Berbalik Bela Australia

Pramodya Kusumawardana
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Pecinta dunia olahraga, khususnya Bulutangkis tanah air pasti tidak akan lupa dengan prestasi gemilang yang diraih Pramudya Kusumawardana. Ya, atlet bulutangkis 23 tahun ini pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. 

Kata Shin Tae-yong saat Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pramudya sempat berduet dengan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di nomor ganda putra. Pasangan ini merebut medali emas di Badminton Asia Championships (BAC) 2022 dan SEA Games 2023 Kamboja.

Namun demikian, pada Desember 2023 lalu, Pramudya mengambil keputusan mengejutkan. Dia memilih mundur dari Pelatnas PP PBSI demi melanjutkan studi di Sydney, Australia.

Dipecundangi dengan Skor 1-0, Shin Tae-yong Tetap Puji Permainan Australia

“Saya masih mementingkan pendidikan. Sebagian orang sudah tahu saya akan menekuni pendidikan Sports Science dan Sport Psychology. Saya ambil studi di luar karena merasa sistem di Indonesia belum mendukung untuk atlet profesional,” kata Pramudya, dikutip dari siaran resmi PP PBSI pada Desember 2023 lalu.

Ternyata, Pramudya tetap bermain bulutangkis di Australia. Sebab ia mengambil permanent resident lewat bulu tangkis, sehingga harus ada feedback yang ia berikan kepada negara Kangguru tersebut.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Keputusan mengambil permanent resident karena Pramudya akan lebih mudah kuliah di Australia. Sebab jika ia lewat visa seperti biasa, maka biaya yang dibutuhkan semakin besar.

Ganti Bendera Australia

Halaman Selanjutnya
img_title