Kisah Perjuangan Jenderal Sudirman, Miliki Karamah dan Kharisma Luar Biasa

Jenderal Sudirman
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu tokoh pejuang kemerdekaan yang kiprahnya sangat diakui adalah Jenderal Soedirman, atau Sudirman dalam ejaan saat ini. Pahlawan Nasional yang satu ini tak hanya memiliki prestasi gemilang dalam hal pertahanan. Namun juga memiliki karamah dan kharisma luar biasa yang jarang diketahui publik.

Terungkap, Ini Alasan Jay Idzes Pilih Perkuat Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Lantas seperti apa kisah lengkapnya? Berikut ini kesaksian dari salah seorang Putra Bungsu Jenderal Sudirman, Mohamad Teguh Sudirman. Dikutip dari VIVA, Jumat, 5 April 2024.

Diketahui, prestasi Jenderal Sudirman bermula saat masih berpangkat Kolonel dalam memimpin pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Ia berhasil mengusir Pasukan Tank Sekutu di Ambarawa, menjadi landasan bagi kariernya hingga menjadi Panglima TKR yang kemudian menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kalahkan Kharisma, Tim Voli Putri Petrokimia Juara Nusantara Cup 2024

Sudirman dikenal memiliki karamah dan kharisma yang luar biasa ketika memimpin pasukan TKR melawan penjajah. Kemampuannya dalam strategi militer diakui luas, dengan perhitungan yang matang, tepat, dan akurat menjadi salah satu keunggulannya.

Diketahui sang jenderal pernah berguru ke tokoh spritual Kiai Haji Busyro Syuhada seorang ulama besar yang berasal dari Banjarnegara. Selain itu rupanya sang jenderal besar ini juga mempunyai amalan atau jimat yang selalu diandalkannya.

PSSI Gencar Lakukan Proyek Naturalisasi, Berpotensi Berantakan? 

Namun jimat yang dimaksud, bukan jimat benda seperti keris atupun tongkat. Namun yang pertama adalah dirinya selalu menjaga wudhu. Kedua, selalu shalat pada awal waktu dan ketiga ikhlas berjuang.

Mohamad Teguh Sudirman mendengar banyak cerita tentang kelebihan ayahnya itu. Teguh lahir pada 1949, ketika ibunya bersembunyi di Keraton Yogyakarta, dan pada saat ayahnya bergerilya.

Halaman Selanjutnya
img_title