Sepatu Bata, Merek Alas Kaki Legendaris sejak Zaman Belanda Kini Tutup

Toko Sepatu Bata
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu produsen sepatu ternama di Indonesia, PT Sepatu Bata Tbk atau BATA resmi menutup pabriknya di Purwakarta per 30 April 2024. Keputusan ini diambil karena perusahaan sepatu BATA merugi selama 4 tahun terakhir.

Kisah Perjuangan Jenderal Sudirman, Miliki Karamah dan Kharisma Luar Biasa

Corporate Secretary BATA Hatta Tutuko mengatakan, perseroan sudah tidak dapat lagi melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta karena permintaan pelanggan terhadap produk BATA telah menurun.

"Kapasitas produksi pabrik jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia," kata Hatta dseperti dilansir VIVA, Minggu, 5 Mei 2024.

Terungkap, Ini Alasan Jay Idzes Pilih Perkuat Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Pabrik BATA tersebut kurang orderan atau permintaan produksi dari pemasok lokalnya di Indonesia. Sehingga ongkos produksi lebih besar daripada pemasukan. Pabrik pun ditutup.

Hatta mengatakan perseroan telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian akibat pandemi Covid-19 hingga perubahan perilaku konsumen. 

PSSI Gencar Lakukan Proyek Naturalisasi, Berpotensi Berantakan? 

"Telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat," ujarnya.

Sepatu Bata merupakan merek alas kaki legendaris yang mulai masuk Indonesia sejak zaman Hindia Belanda. Bisnis sepatu asal Cekoslowakia itu berkembang cukup pesat. Namun, kini terpaksa harus tutup akibat dihantam pandemi covid-19 sejak akhir 2019 lalu.