Saat Karina Putri Anak Indonesia Budaya 2022 Wayang ke Bocah SD

Karina Aliya Afandi kenalkan wayang ke bocah SD di Mojokerto.
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Indonesia memiliki segudang budaya yang dimunculkan oleh seniman-seniman legendaris. Salah satunya adalah wayang. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, pertunjukkan wayang jarang digemari oleh anak-anak. Putri Anak Indonesia Budaya 2022, Karina Aliya Afandi, berupaya untuk menumbuhkan itu kembali. 

Museum Gubug Wayang Kota Mojokerto Hadirkan Koleksi Ragam Karakter

Karina sangat bersemangat melakukan kegiatan kampanye mengenalkan budaya tradisional yang hampir punah itu. Hal itu terlihat saat gadis berusia 12 tahun tersebut menyapa bocah-bocah SD sekaligus mengenalkan budaya tradisional di Museum Gubug Wayang, Kota Mojokerto, Sabtu, 10 Desember 2022. 

Di dalam musem yang terletak di Jalan Kartini Kota Mojokerto itu tersimpan beragam jenis wayang. Di antaranya wayang kukit, wayang topeng, wayang golek atau boneka, dan wayang potehi. Di sana, Karina mengajak anak-anak berkeliling melihat aneka ragam wayang. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Tak hanya berkeliling, putri dari pasangan Leo Christian Afandi dan Sherly Setiono itu juga menjelaskan jenis-jenis wayang dan nama tokohnya. Anak-ank terlihat antusias ketika Karina meceritakan tentang serial si Unyil. Dimana, serial si Unyil memang sangat populer dikalangan anak-anak. 

Pasca dinobatkan sebagai Putri Anak Indonesia Budaya 2022 pada bulan November lalu, Museum Gubug Wayang Mojokerto menjadi tempat pertama yang disambangi Karina. Bukan tanpa alasan, ia menilai banyak unsur budaya yang dapat dipelajari di Gubug Wayang ini. 

3 Srikandi Freeport Berbagi Tips Kerja dan Keluarga saat Peringati Hari Kartini

"Di sini semua hal dirawat dengan baik, semua dicintai, dihargai. Sangat berharga dan harus dilestarikan anak-anak muda," kata siswi kelas 7 Elyon School Surabaya itu. 

Kedatangan Karina Aliya Afandi di Museum Gubug Wayang ini guna memperkenalkan aneka ragam budaya tradisional Indonesia kepada anak-anak. Menurutnya, Kekayaan budaya di Indonesia sudah sepatutnya dilestarikan kembali dengan cara memperkenalkan kepada anak-anak penerus bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title