Warung di Mojokerto Ini Sediakan Menu Botok Rawon dan Jamur, Rasanya Ajib!

Aneka menu botok di Warung Botok Mbak Parti Mojokerto
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Botok adalah salah satu menu makanan populer di Jawa, terbuat dari parutan kelapa dengan aneka bumbu dan rempah spesial. Parutan kelapa itu biasanya dicampur dengan aneka protein hewani maupun nabati, seperti tahu, tempe, ayam, dan ikan. 

Soto Ayam Kuah Kuning, Cocok Jadi Hidangan Buka Puasa Kala Hujan

Ketika berada di Mojokerto anda bisa menikmati aneka menu botok di Warung Botok Mbak Parti. Lokasinya di pelosok perbukitan selatan Mojokerto, cukup jauh dari perkotaan, tepatnya Dusun Sumber, Desa Sumberjati, Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Menariknya, warung Mbak Parti ini menyediakan botok yang jarang ditemui, yaitu botok Tawon dan Jamur. Sehingga tempat ini cocok untuk kalian yang suka kulineran. 

Serunya Ngabuburit di Tugu Pahlawan: Ada Kuliner, Hiburan hingga Pasar Murah

Ternyata tawon tak hanya diambil madunya, sarang tawon rupanya juga bisa diolah menjadi makanan nikmat. Tawon yang dijadikan botok bukan yang sudah berusia dewasa, melainkan berupa larva di dalam sarang. Begitu dibelah, akan terlihat larva berwarna putih, inilah yang nantinya akan dijadikan bahan utama botok.

Parti menjelaskan, proses pembuatan dan bumbunya sama dengan botok-botok lainnya. Hanya saja, anak tawon yang masih di dalam sarangnya lebih dulu direbus sekitar 15 menit. Anak tawon itu akan keluar dengan sendirinya dan sarangnya meleleh. 

Rekomendasi Menu Buka Puasa: Sop Iga Sapi, Ini Resep dan Cara Membuatnya

"Kalau sudah keluar anak tawon itulah yang kita olah, bukan yang dewasa," katanya kepada Viva Jatim, Sabtu, 7 Januari 2023. 

Kemudian, anak tawon diolah dengan menggunakan racikan bumbu. Antara lain, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabai, garam, gula, santan kelapa, dan parutan kelapa yang agak muda. Setelah dijadikan satu, lalu dibungkus dengan daun pisang. 

Halaman Selanjutnya
img_title