Mengenal Asal dan Cara Kerja Jam Kiamat, Penentu Kehancuran Total

Albert Einstein, salah satu penggagas jam kiamat
Sumber :
  • Viva

Jatim – Apakah kalian pernah mendengar Jam Kiamat atau The Doomsday Clock? Jam Kiamat menggambarkan seberapa dekatnya umat manusia dengan armageddon alias kehancuran total. Tahukah kalian dari mana asal jam tersebut, bagaimana cara membacanya, dan apa yang dapat kita pelajari darinya? 

Sampai Kapan Bumi akan Bertahan?

Dikutip dari viva.co.id pada Rabu 22 Februari 2023, para ilmuwan yang bertanggung jawab atas penghitungan Jam Kiamat – karena tergabung dalam Bulletin of the Atomic Scientist (Buletin Ilmuwan Atom) – menerbitkan penilaian tahunan mereka tentang seberapa dekat jarum jam dengan 'tengah malam'.

Untuk ke-75 kalinya, mereka merilis penilaian pada Januari 2022. Dalam setiap rilisan, mereka menyoroti jejaring kompleks risiko bencana yang dihadapi umat manusia, termasuk senjata pemusnah massal, kerusakan lingkungan, dan berkembangnya teknologi yang merusak. 

Menguak Fakta Surat Albert Einstein soal Ramalan Runtuhnya Israel

Presiden Buletin Ilmuwan Atom, Rachel Bronson, mengumumkan bahwa jarum Jam Kiamat telah bergerak mendekati armageddon, pergerakan paling dekat daripada sebelumnya – hanya 100 detik sebelum tengah malam. Hal ini rilis pada tahun 2020, yakni dua tahun sebelumnya.

Posisi ini bertahan sepanjang 2021 dan 2022, dan pada 2023, jam ini bergerak 10 detik lebih dekat. Mengutip situs Reuters, Rabu, 22 Februari 2023, Jam Kiamat adalah penunjuk waktu simbolis yang menunjukkan seberapa dekat dunia akan berakhir dan waktu tengah malam menandai titik teoritis dari kehancuran total. 

Tumpakan Sampah di TPS Benpas Timbulkan Bau Menyengat, Pj Wali Kota Mojokerto Turun Tangan

Kehancuran total yang dimaksud di sini di antaranya seperti ancaman apokaliptik yang dapat muncul dari ketegangan politik, senjata, teknologi, perubahan iklim atau penyakit seperti pandemi.

Penyetelan ulang The Doomsday Clock atau Jam Kiamat ini, dengan menggerakkan jarum jam menjadi lebih dekat atau lebih jauh dari waktu tengah malam berdasarkan pembacaan para ilmuwan tentang ancaman yang ada pada waktu tertentu.

Halaman Selanjutnya
img_title