Intip Macam-macam Motif Batik di Madura

Batik Tulis Canteng Koneng khas Madura
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Madura, Viva Jatim- Batik di Pulau Madura cukup menjadi fenomenal setelah beberapa waktu lalu pernah dipakai oleh Presiden Joko Widodo. Lalu, bagaimana dengan motif batik di Madura? Apakah sangat beragam? 

Dekranasda Bina Perajin Batik Khas Gresik, Optimis Go Internasional!

Berikut akan disajikan beragam motif batik  Madura yang  diolah berbagai sumber. Motif Madura yang menarik dan sangat indah dipandang oleh mata. Untuk mengetahui lebih jauh, ini berbagai motif batik Madura dan ciri khasnya masing-masing. Berikut simak jenis motif batik Madura:

1. Batik Motif Lancor

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Batik motif lancor ini menjadi motif asli Kabupaten Pamekasan, yang merujuk pada berada di alun-alun kota. Batik ini menggunakan pewarna napthol dan remasol. Napthol sendiri adalah zat pewarna sintetis, untuk memberikan warna biru dan merah.

Sementara pewarna remasol bersifat larut dalam air, dengan ketahanan luntur yang baik. Pewarna ini juga memiliki daya tarik yang rendah. Pewarna remasol dalam batik lancor biasanya digunakan untuk memberikan warna kuning, merah mawar, hijau, hingga jingga.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

2. Batik Asli Madura Motif Serat Kayu

Motif kedua adalah serat kayu, yang merupakan motif asli Kecamatan Proppo bagian selatan. Batik ini dibuat dengan melapisi motif dengan malam (lilin khusus). Tujuannya agar bagian atau motif tidak terkena zat pewarna.

Halaman Selanjutnya
img_title