Wisata Boon Pring dan Olahan Bambu di Malang Jadi Sarana Angkat Potensi Desa

Wisata Boon Pring Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Malang, VIVA JatimDestinasi wisata yang dikembangkan sejumlah daerah di Jawa Timur, secara umum dimaksudkan untuk mengangkat potensi-potensi desa yang ada. Sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Tak terkecuali Wisata Boon Pring yang terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Hari Bumi 2024, PLN Jatim Bersama DLH Surabaya Tanam 400 Bambu di TPA Benowo

Destinasi wisata telaga di area hutan bambu ini merupakan potensi alam yang dimiliki Desa Sanankerto. Setidaknya ada sekitar kurang lebih 115 jenis pohon bambu lengkap dengan keterangannya di papan informasi. Selain itu, terdapat aneka wahana yang disajikan guna memanjakan para pengunjung. Warga sekitar pun juga perajin anyaman olahan bambu.

Fasilitator Desa Sejahtera Astra (DSA) Malang, Iqbal Fajaruddin Pangestu menyadari, bahwa potensi besar yang dimiliki itu harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Agar dapat mengelola potensi tersebut dengan baik sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. 

H+3 Lebaran, Arus Balik dan Wisata di Jatim Mulai Melonjak

Karenanya, sedari awal, pria yang akrab disapa Fajar itu memfasilitasi kegiatan pendampingan dan pelatihan secara intensif bagi warga sekitar guna meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di Ekowisata Boon Pring. Dengan begitu, diharapkan mampu mendongkrak ekonomi desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami selalu fasilitator DSA sudah melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku wisata di Ekowisata Boon Pring," ungkapnya kepada Viva Jatim, Kamis, 12 Oktober 2023.

Sapa Ribuan Pemudik, Khofifah: Tuntaskan Rasa Rindu dengan Wisata dan Kuliner Jawa Timur

Karena bambu menjadi salah satu ikon destinasi ekowisata Boon Pring, Fajar pun memberikan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan produk olahan bambu. Pelatihan tersebut dikhususkan kepada para perajin-perajin di Desa Sanankerto. Tentu dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mengasah skill mereka agar memiliki produk unggulan yang lebih baik.

Kerajinan yang diproduksi masyarakat pun bervariasi. Mulai dari peralatan rumah tangga tradisional seperti wadah nasi, keranjang penyimpanan, wadah kukus dan lain-lain. Hingga kerajinan berupa pajangan dinding dan meja.

Halaman Selanjutnya
img_title