Terbentur Anggaran, Eskavasi Situs Gondang Trenggalek Tahap III Digarap Tahun Depan

Situs Gondang Tugu Trenggalek bakal dieskavasi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Situs Gondang yang berada di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek bakal dijadwalkan untuk proses eskavasi lanjutan tahap III di tahun depan. Hal tersebut dilakukan lantaran proses penggambaran denah dan struktur sudah lengkap di beberapa sisi serta belum ada anggaran.

Eskavasi Kedua Situs Gondang Trenggalek Tuntaskan Denah dan Struktur Candi

Tim Eskavasi Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) Wilayah XI bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek rampung melakukan eskavasi kedua dengan menemukan beberapa benda penting. Namun, proses eskavasi lanjutan tahun depan difokuskan pada penuntasan di bagian tengah melengkapi struktur bawah dan sisi candi.

"Untuk eskavasi ketiganya insyaallah tahun depan, karena terkait dengan eskavasi ini ternyata juga memerlukan pembiayaan yang cukup tinggi. Ternyata tidak seperti menggali kalian sumber tetapi memang betul-betul hati-hati," ujar Sunyoto kepada awak media, Sabtu, 25 November 2023.

Cegah Kerusakan, Museum Tulungagung Gelar Konservasi Koleksi Benda Bersejarah

Menurutnya, tim eskavasi denah secara keseluruhan candi sudah terbuka sudut sisi timur laut. Kemudian tenggara, barat laut, kemudian mencoba melihat dengan digali di sisi barat daya. Dari di sisi barat daya ini tim menemukan beberapa peninggalan diantaranya adalah arca yang terbuat dari terracota sebanyak 3 buah.

"Kemudian juga ada ragam ragam hias yang bisa di pakai perhiasan candi di situ kemudian di sebelah barat kita kemarin temukan 1 buah lingga yang terbuat dari batu putih," paparnya.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Ia mengaku, dugaan sementara sesuai dengan karakteristik benda yang ditemukan pada masa Mataram Kuno sekitar abad ke-9 sampai abad 10 Masehi. Situs ini berbeda dibanding dengan candi maupun situs yang ada di Trenggalek, karena belum ada yang pernah ditemukan di situs-situs yang sezaman tersebut. 

Perihal tindak lanjut setelah ini, Sunyoto mengaku benda-benda hasil eskavasi bakal ditaruh di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek. Dan masih akan memikirkan lokasi penyimpanan benda bersejarah yang lebih representatif.

Halaman Selanjutnya
img_title