Menyibak Fakta-fakta 7 Gunung Api Bawah Laut yang ada di Indonesia

Ilustrasi gunung bawah laut
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Berdasarkan jenisnya, gunung berapi aktif dibagi menjadi tiga tipe. Di antaranya tipe A, yaitu gunung berapi yang dalam catatan sejarah meletus sejak tahun 1600. Kemudian, tipe B, yaitu gunung berapi yang memiliki catatan sejarah letusan sebelum 1600. Terakhir, tipe C, yakni gunung berapi yang tidak memiliki catatan sejarah letusan, tetapi masih memperlihatkan jejak aktivitas vulkanik. 

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Tak hanya itu saja. Gunung berapi juga tak hanya berada di daratan saja, melainkan juga di dalam bawah laut. Berikut ini deretan gunung berapi bawah laut yang ada di Indonesia, dikutip dari VIVA, Senin, 4 Desember 2023:

1. Gunung Api Kawio Barat

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Salah satu gunung api bawah laut di Indonesia yang terkenal adalah gunung api Kawio Barat yangada di kedalaman perairan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Ketinggiannya gunung api bawah laut dari dasar laut Sangihe hingga puncaknya mencapai 3.200 meter.

Artinya, titik puncak gunung ini berada di kedalaman 1.900 meter di bawah permukaan laut. Gunung Kawio Barat juga disebut sebagai gunung api bawah laut tertinggi di dunia.

Gunung Marapi Kembali Meletus hingga Terdengar Dentuman Keras

2. Gunung Api Hobal

Gunung api bawah laut Hobal atau Ile Werung berada di dekat Pulau Lembata, yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Saat ini ketinggian gunung api bawah laut Hobal belum diketahui. Namun aktivitas terakhir Hobal terjadi pada tahun 1999 di mana terdapat hembusan asap putih keluar dari permukaan laut dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Halaman Selanjutnya
img_title