Keren, Karya Seni Pirografi Pria Trenggalek Ini Berhasil Tembus Pasar Nasional

Robert Zarkasi dengan hasil karya pirografi asal Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Sore itu di salah satu depan rumah, pria tengah asyik mengerjakan sesuatu seperti menggambar. Namun setelah diamati dengan saksama ternyata ada yeng berbeda.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Robert Zarkasi namanya. Ia sudah beberapa tahun terakhir menekuni menggambar dengan cara dibakar atau lebih sering disebut pirografi. Pirografi sendiri membutuhkan keahlian dan ketelitian tingkat tinggi, lantaran menggunakan media kayu dan alat solder buatan sendiri.

Suasana depan rumahnya disulap seperti sebuah kedai. Lengkap dengan gubuk kecil yang digunakan sebagai pengerjaan lukisannya, pun juga kakak kandungnya yang hobi membuat batu akik.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Beralamat di Desa Rejowinangun, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, ia sudah mengerjakan banyak pesanan dari berbagai klien. Zarkasi mengaku ide awal berangkat dari saran masukan teman-temannya usai dirinya lulus kuliah di salah satu kampus di Kediri. 

"Saya menekuni mulai sekitar awal 2018. Selepas kuliah bingung kerjaan, cari-cari dari teman teman referensi ini lho gambar bagus, saya coba dan ada yang minat," terang Robert Zarkasi kepada VIVA Jatim beberapa waktu lalu.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Meski hobi menggambar sejak kecil, dirinya belajar membuat lukisan dari media kayu dengan solder baginya masih hal yang baru. Sehingga ia tetap belajar otodidak dari kanal YouTube yang menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi.

Pria berambut gondrong ini mengaku lama pengerjaan lukisan tergantung dari pesanan dari klien yang bervariatif. Tergantung dari ukuran, jika semakin besar semakin lama pengerjaan, namun jika pesanan biasa rata-rata di ukuran  A4 cukup 1 hari pengerjaan bisa jadi.

Halaman Selanjutnya
img_title