Selain Memberi Sensasi Hangat, Jahe Juga Miliki Aneka Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi jahe
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah jahe. Selain bisa memberikan sensasi hangat dalam tubuh, jahe juga mengandung ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasannya berikut ini, dikutip dari VIVA, Jumat, 16 Februari 2024. 

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

1. Mengurangi Mual dan Muntah

Jahe telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala mual dan muntah. Baik itu disebabkan oleh mabuk perjalanan, morning sickness pada ibu hamil, atau efek samping dari kemoterapi, jahe dapat membantu meredakan ketidaknyamanan tersebut. Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol dan shogaol memiliki sifat anti-mabuk yang membantu menenangkan perut dan meredakan rasa mual.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

2. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Jahe telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan nyeri sendi dan otot. Kandungan anti-inflamasi alami dalam jahe membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh yang menjadi penyebab utama nyeri pada sendi dan otot. 

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Konsumsi jahe secara teratur dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi nyeri, serta meningkatkan fleksibilitas sendi.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Halaman Selanjutnya
img_title