Aneka Manfaat Puasa bagi Kesehatan: Mampu Kelola Stres hingga Regenerasi Sel Tubuh

Tabuh Maghrib PWNU Jawa Timur
Sumber :
  • Media Center PWNU Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ibadah puasa tidak hanya memiliki manfaat dalam aspek spiritual. Lebih dari itu, puasa juga berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Seperti mampu mengelola stres hingga meregenerasi sel-sel dalam tubuh. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh ini menjadi topik pembahasan program Tabuh Maghrib PWNU Jawa Timur. Menghadirkan pemateri dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) PWNU Jatim, Dr dr Abdullah Machin dan dr Ahmad Firdaus Sani, Kamis, 14 Maret 2024.

Dr dr Abdullah Machin, pengurus Bidang Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Kesehatan LKNU PWNU Jatim, menyampaikan bahwa adanya puasa, termasuk puasa sunnah, akan menunjang kesehatan dalam tubuh. Hal ini selaras dengan sabda Rasulullah SAW, bahwa berpuasalah maka engkau akan sehat.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

“Hadits tersebut telah disampaikan lebih 14 abad yang lalu. Dan baru akhir-akhir ini dengan kemajuan penelitian di bidang kesehatan, banyak bukti bahwa memang puasa itu menyehatkan,” ujar dr Machin.

Ia menambahkan, melalui puasa sel-sel tubuh yang kurang baik akan mengalami regenerasi, berganti dengan sel baru yang lebih sehat.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

“Dengan berpuasa sel-sel yang ada di tubuh kita yang mengalami gangguan dan berpotensi mengganggu sel-sel lain yang masih hidup akan mengalami regenerasi dengan baik,” terangnya.

Dirinya menyebutkan, Rasulullah melarang umat Islam berpuasa berkepanjangan, yakni selama 24 jam. Hal itu karena akan menimbulkan stres bagi tubuh. Makanya, berpuasa hanya dilakukan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari agar stres dapat dikelola dengan baik atau optimal.

Halaman Selanjutnya
img_title