Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

Wisata Kuliner Jember
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimIdul Fitri 1445 H menjadi momen baik dalam memperkuat silaturahmi dengan sanak famili dan kolega. Biasanya, aneka suguhan mulai dari makanan ringan sampai berat dihidangkan. Hasrat untuk menjamah aneka makanan itu pun tak terbendung. 

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Alhasil, pola makan jadi tidak terkontrol dan porsinya pun berlebihan.

Setelah lebaran usai, baru lah banyak yang menyadari bahwa sudah terlalu banyak makan makanan tidak sehat di hari raya. Alhasil, berbagai upaya dilakukan untuk menstabilkan lagi kadar gula darah, kolesterol, hingga menurunkan berat badan.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 13 April 2024, untuk menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya.

Namun, aktivitas fisik seperti olahraga bisa menjadi cara paling ampuh terutama dalam hal membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

"Ada penawar tapi bukan dari makanan, melakukan aktivitas fisik. Kalau sudah merasa 'oh aku udah kelebihan kalori ini'. Jadi misal berkunjung ke tetangga bisa jalan kaki, atau olahraga sebentar bisa melakukan pekerjaan rumah dengan nyapu ngepel," jelas Wihda Liuswatin Alfafa, Ahli Gizi, saat dihubungi VIVA, Jumat 12 April 2024.

Salah satu yang harus diwaspadai adalah lonjakan gula darah akibat terlalu banyak makan makanan manis serta kolesterol yang disebabkan karena terlalu banyak makan makanan bersantan dan berlemak.

Halaman Selanjutnya
img_title