Rutin Pantau Tekanan Darah Langkah Nyata Cegah Serangan Jantung dan Stroke

Dr dr Ade Armada Sutedja
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Rutin memantau tekanan darah merupakan langkah nyata dalam mencegah serangan jantung maupun stroke. Upaya itu perlu dilakukan karena penyakit kardiovaskular dan cerebrovascular tersebut berada di urutan atas dalam daftar penyebab kematian di Indonesia.

60 Persen Calon Jemaah Haji Kabupaten Kediri Rentan Alami Hipertensi

Demikian disampaikan Direktur OMRON Healthcare Indonesia, Tomoaki Watanabe. Menurut Tomoaki, salah satu tantangan utama dalam menekan prevalensi penyakit kardiovaskular masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemantauan tekanan darah secara teratur di rumah. 

"Padahal, dengan pemantauan rutin dan pengobatan, serta berbagi data yang lebih komprehensif dengan penyedia layanan kesehatan akan memastikan perawatan hipertensi yang lebih baik," kata Tomoaki di Surabaya, Senin, 20 Mei 2024.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

OMRON adalah sebuah produsen alat kesehatan yang berkomitmen turut berperan aktif dalam pemantauan hipertensi untuk menghilangkan serangan jantung dan stroke sebagai visi jangka panjang menuju 'Going for Zero'.

Untuk mewujudkan nol kasus serangan jantung dan stroke, kata Tomoaki, perlu dukungan dan kolaborasi erat antara berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Untuk itu, OMRON akan aktif menjalankan kampanye mengajak orang-orang yang berisiko tinggi supaya sesering mungkin memantau tekanan darah mereka secara rutin di rumah. 

OMRON juga melakukan langkah berarti dengan mendonasikan alat tensi digital yang dinamakan Blood Pressure Monitor di berbagai negara.

Halaman Selanjutnya
img_title