Jokowi Sebut Kematian akibat Stroke dan Serangan Jantung di Jatim Tertinggi Ketiga di Indonesia

Presiden Jokowi ketika sambutan di peresmian RS Kemenkes di Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa stroke dan serangan jantung merupakan penyebab utama kematian di Indonesia. Dan Jawa Timur sebagai provinsi tertinggi ketiga di tanah air dalam hal jumlah kasus stroke dan serangan jantung.

Pipa PGN Bocor dan Keluarkan Api Bikin Warga Pacar Kembang Surabaya Panik

Hal itu disampaikan Jokowi, sapaan akrab Presiden Joko Widodo, saat acara peresmian Rumah Sakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jalan Indrapura, Kota Surabaya, Jumat, 6 September 2024.

Pemerintah membangun rumah sakit terbesar di Indonesia ini diharapkan menjadi super hub untuk layanan kanker, jantung, dan stroke di Indonesia.

Hari Libur, Kadivpas Jatim Sidak Kesigapan Petugas Lapas dan Rutan

"Sehingga pembangunan Rumah Sakit Kemenkes di Surabaya sangat-sangat penting dalam rangka hal itu," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan menyebutkan, stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan kanker, baik di negara maju maupun berkembang. 

Tegas! GP Ansor Cirebon Siap Bubarkan Paksa MLB NU

Data Institute for Health Metrics and Evaluation tahun 2019 menunjukkan stroke sebagai penyebab kematian utama di Indonesia dengan prosentase 19,42 persen dari total kematian.

Sementara berdasarkan hasil Riskesdas prevalensi stroke di Indonesia meningkat 56 persen dari 7 per seribu penduduk pada tahun 2013, menjadi 10,9 per seribu penduduk pada tahun 2018.