5 Pilkada di Jawa Timur Diikuti Paslon Tunggal Lawan Bumbung Kosong

Ketua KPU Surabaya Suprayitno
Sumber :
  • Mokhamad Dofir

Surabaya, Viva Jatim-Lima Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten/Kota di Jawa Timur dipastikan akan diikuti calon tunggal. Pasalnya, hingga batas waktu perpanjangan pendaftaran pada Rabu, 4 September pukul 23.59 WIB tak ada calon lain yang mendaftar. Dengan demikian maka mereka akan melawan kotak kosong.

Lima daerah tersebut antara lain Kota Surabaya dengan hanya Bapaslon Eri Cahyadi-Armuji yang mendaftar. Kemudian di Ngawi hanya Ony Anwar Harsono - Dwi Rianto Djatmiko. Lalu di Kota Pasuruan yakni Adi Wibowo - Mokhamad Nawawi.

Di Trenggalek M. Nur Arifin- Syah Muhammad Nata Negara. Dan Fandi Akhmad Yani-Asluchul Alif di Gresik.

Jelang Pilkada, PCNU Sumenep akan Nonaktifkan Pengurus yang Jadi Calon atau Tim Pemenangan

"Sampai pukul 23.59 WIB, tanggal 4 September tidak ada satu pun paslon yang mendaftar di lima kabupaten/kota," ujar Komisioner KPU Jatim, Choirul Umam, Kamis, 5 September 2024.

Umam mengatakan tidak adanya yang mendaftar pada masa perpanjangan pendaftaran bakal calon maka hanya akan ada satu Bapaslon yang akan mendaftar ke KPU di lima daerah tersebut. Dan mereka akan resmi melawan kotak kosong saat penetapan sebagai Paslon pada 22 September mendatang.

Mas Ibin-Mbak Elim Ingin Libatkan Anak Milenial dan Gen Z dalam Membangun Kota Blitar

"Iya (paslon tunggal), karena tidak ada perpanjangan lagi," kata Umam.

Kendati demikian, Umam memastikan mereka akan tetap mengikuti jadwal kampanye yang telah disiapkan oleh KPU. Sebab, mereka tetap harus menyampaikan visi-misinya agar bisa merebut hati masyarakat dan tidak kalah dengan kotak kosong.