Lagi Naik Daun, Minuman Susu Kelapa Ellenka Barista Series Hadir Pertama di Indonesia
- Mokhamad Dofir / Viva Jatim
Surabaya, VIVA Jatim – Minuman berbahan dasar nabai tengah menjadi tren baru di Indonesia, pecintanya pun terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data Euromonitor, nilai pasar global di Indonesia untuk produk minuman berbahan nabati mencapai Rp 2,5 triliun dengan CAGR mencapai 17,12% untuk periode 2024 hingga 2029.
Bahkan, diprediksi pertumbuhan produk susu nabati kian pesat dalam beberapa tahun ke depan, tidak hanya diminati oleh konsumen yang peduli kesehatan dan intoleransi laktosa. Produk plant-based juga dipilih sebagai pilihan bahan makanan dan minuman yang lebih berkelanjutan untuk mengurangi jejak karbon.
Di antara beberapa produk nabati yang kini tengah naik daun adalah coconut milk (susu kelapa). Pasar coconut milk sendiri mencatat permintaan yang terus meningkat. Pada tahun 2023, Market Research Future mencatat nilai pasarnya mencapai USD 0,82 miliar, dan diperkirakan akan tumbuh dari USD 0,97 miliar pada 2024 menjadi USD 3,12 miliar pada 2032.
Menyadari hal itu, PT Lautan Natual Krimerindo (LNK) menghadirkan solusi dengan produk baru susu kelapa Ellenka Barista Series Coconut Milk. Plant-Based terbarunya ini diluncurkan di Jacoweek 2024, Minggu, 3 November 2024 lalu.
Chief Commercial Officer PT Lautan Natural Krimerindo, Juwono Hartanto, menjelaskan bahwa Ellenka Barista Series Coconut Milk adalah alternatif susu nabati dari kelapa asli Indonesia. Produk ini dirancang khusus untuk mendukung para barista dalam menciptakan minuman berkualitas tinggi, enak, dan cocok untuk segala aplikasi.
“Ellenka Barista Series Coconut Milk hadir sebagai standar baru untuk kreasi minuman di Indonesia. Dengan inovasi ini, kami berharap banyak orang bisa merasakan pengalaman membuat minuman nikmat dan praktis, dengan cita rasa creamy, lembut seimbang, serta kemampuan menghasilkan micro-foam yang cocok untuk latte art,” ujarnya.
Ellenka Barista Series Coconut Milk sangat cocok untuk diaplikasikan dengan minuman berbasis kopi khususnya seperti cappuccino, latte, dan kopi susu, maupun minuman non-kopi lainnya seperti matcha, hojicha, dan teh lainnya dengan karakter rasa yang unik dan balanced tanpa overpowering flavor dan notes dari kopi dan teh.
“Inovasi ini sekaligus menjawab tantangan bagi para barista untuk terus berinovasi, terutama di kalangan anak muda yang produktif, aktif, dan dinamis. Ellenka Barista Series Coconut Milk memberikan kesempatan bagi para barista untuk mengembangkan kreativitas mereka,” tambah Juwono.
Lebih dari sekadar enak dan praktis, Ellenka Barista Series Coconut Milk juga membantu mencukupi kebutuhan serat harian, karena mengandung FiberCreme. Selain itu, produk ini rendah gula dan natrium, serta bisa langsung dikonsumsi (ready to drink).
Di Jacoweek 2024, para pengunjung berkesempatan mencoba Ellenka Barista Series Coconut Milk dan melihat berbagai aplikasinya langsung dari barista ternama seperti Mikael Jasin (World Barista Champion 2024), Zikri Mubarak (Barista & Mixologist), Joost Rolland (Latte Art Trainer), dan Fuji Yanto (WLAC 2023 Semi-Finalist). Para pengunjung juga dapat berdiskusi dengan para barista terkait kebutuhan bisnis mereka.
“Sebagai barista, sangat penting untuk memahami dan mengikuti tren gaya hidup masyarakat. Saat ini, semakin banyak orang yang sadar akan kesehatan dan beralih ke produk berbasis nabati. Karena itu, kita perlu menyesuaikan bahan-bahan dalam minuman, salah satunya dengan mengganti susu dairy dengan susu nabati,” ungkap Mikael Jasin, World Barista Champion 2024.
“Ellenka Barista Series adalah inovasi baru produk nabati yang sangat cocok untuk Barista dan memudahkan kami menciptakan minuman dengan cita rasa yang enak, balance, unik dan lebih sehat. Produk seperti ini akan menjadi pilihan yang dicari masyarakat,” tambahnya.
Produk ini tersedia dalam kemasan 1 liter dan dapat diperoleh melalui distributor resmi dari Ellenka Professional dengan estimasi grand launching di bulan Januari 2025.