IndonesiaNEXT ke-9, Cara Telkomsel Ciptakan Inovasi di Era Digital
- Istimewa
Jakarta, VIVA Jatim-Telkomsel menghadirkan IndonesiaNEXT ke-9 dengan tema #UpskillTolnnovate. Ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan dari Telkomsel. Program ini sekaligus untuk menciptakan inovasi yang berdampak di era digital yang selaras dengan implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono mengatakan program ini fokus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui keterampilan digital terkini seperti teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).
IndonesiaNEXT juga berupaya menjawab tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.
Saki mengatakan IndonesiaNEXT menawarkan pelatihan dan sertifikasi berbasis teknologi, kerangka pemetaan talenta, hingga kolaborasi dengan universitas dan organisasi internasional, guna mencetak talenta digital siap berkarya dan berdampak.
“Melalui IndonesiaNEXT, yang menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan, Telkomsel berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan. Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.
IndonesiaNEXT ke-9, lanjut Saki, ada yang baru dari program sebelumnya antara lain kurikulum Generative AI. Peserta dibekali dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru. Sertifikasi teknologi berbasis kebutuhan terkini industri digital.
Kemudian kolaborasi global di mana melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional. Lalu kerangka pemetaan talenta yaitu memantau perkembangan peserta secara sistematis.
Saki menjelaskan IndonesiaNEXT ke-9 terdiri dari lima tahapan utama antara lain National Webinar & Placement Test yaitu pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih. Kemudian Tech-Based Certification yaitu sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.
Lalu Ideation Bootcamp yaitu pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker). Digitalent Academy yaitu pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik. Dan Awarding yakni penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.
Sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.
Program ini merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel, bersama program dan inisiatif lain seperti NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.
“Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia. Melalui IndonesiaNEXT, kami ingin mencetak technopreneur andal yang siap membawa Indonesia menuju hari yang lebih baik dan masa depan gemilang,” pungkas Saki.
IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa semua jurusan.