Trafik Akses Broadband Telkomsel Meningkat Signifikan Selama Nataru
- Istimewa
Jakarta, VIVA Jatim-Trafik akses broadband Telkomsel meningkat signifikan sebesar 17,95 persen dibandingkan rata-rata hari biasa sepanjang 2024, atau naik 19,50 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebelumnya. Total trafik layanan data (payload) mencapai puncaknya pada bulan Desember dengan angka 1.895 petabyte, meningkat 19,41 perse dibandingkan tahun sebelumnya.
Lonjakan aktivitas digital pelanggan juga tercatat mengalami pertumbuhan trafik di berbagai layanan seperti online gaming yang naik 68,74 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang naik 37,97 persen, media sosial naik 34,55 persen.
Kemudian video streaming tumbuh 30,42 persen, serta e-commerce yang melonjak hingga 40,01 persen. Selain itu, lima aplikasi dengan pertumbuhan payload tertinggi selama periode Nataru 2024/2025 adalah Instagram (47,09%), WhatsApp (44,01%), TikTok (31,13%), Facebook (29,60%), dan YouTube (26,49%).
Pertumbuhan trafik layanan SMS Telkomsel sebesar 37,09 perse dibandingkan rata-rata hari biasa. Sementara layanan suara (voice) mengalami penurunan 1,28 persen.
Sejumlah wilayah juga mencatatkan pertumbuhan trafik data yang signifikan dibandingkan rata-rata hari biasa, seperti Sumatera yang meningkat lebih dari 20 persen, Jabotabek-Jawa Barat yang naik lebih dari 14 perse , Jawa Bali yang tumbuh lebih dari 18 persen, serta Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia yang meningkat lebih dari 16 persen.
Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, mengatakan pencapaian trafik broadband ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas yang andal dan inovatif. Hal tersebut sesuai visi perusahaan menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional.
"Dengan semangat membuka semua peluang, Telkomsel mendukung masyarakat Indonesia untuk terus maju melalui optimalisasi jaringan berteknologi terdepan dan layanan bernilai tambah yang berpusat pada kebutuhan pelanggan di momen penting NARU," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 10 Januari 2025.