Yu Sheng, Kuliner Lezat Khas Imlek yang Sarat Filosofi

Yu Sheng, Kuliner Khas Imlek
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim – Menyambut Tahun Baru Imlek 2023, masyarakat Tionghoa Indonesia biasanya mulai menyajikan ragam kuliner di meja. Hidangan wajib yang selalu ada membersamai perayaan Imlek itu adalah kue keranjang, ikan bandeng dan jeruk mandarin

Meriahnya Perayaan Cap Go Meh di Surabaya, 10 Ribu Makanan Ludes

Dilansir dari laman Viva Lifestyle, ada pula kuliner  yang sangat kental dengan Imlek, yakni Yu Sheng. Kuliner yang satu ini adalah salad yang terbuat dari ikan mentah dan sayuran, disajikan dengan saus khusus. Dalam bahasa Mandarin, Yu Sheng memiliki makna, Yu berarti keberuntungan dan Sheng berarti tumbuh subur. 

Masyarakat Tionghoa pun tidak sembarang menyajikan jenis kuliner yang satu ini. Sebab mulai dari proses pembuatannya sampai bahan-bahan yang diperlukan terdapat makna tersendiri yang terkandung di dalamnya. 

Rayakan Imlek, Gubernur Khofifah: Jaga Persaudaraan dan Harmoni Dalam Keberagaman

Oleh karenanya, pembuatan dan penyajian Yu Sheng memiliki cara tersendiri. Bahan-bahan yang digunakan juga dipilih secara khusus dan penyajiannya pun harus dengan cara yang berbeda dengan salad seperti biasanya. 

Yu Sheng disusun dengan potongan ikan di tengah piring, dikelilingi dengan sayuran berwarna-warni, kemudian disiram dengan saus secara memutar. Hal tersebut mempunyai makna berkah yang terus terpenuhi dan terus memutar. 

Mengenang Jasa Gus Dur pada Perayaan Imlek Indonesia

Selain itu, untuk cara menyantapnya sendiri biasanya diiringi dengan doa-doa untuk berkat di tahun baru. Serunya menyantap salad ini harus diaduk sebanyak tujuh kali sembari mengangkat tinggi-tinggi yang berarti semakin tinggi semakin banyak rezeki.

Seiring perkembangan zaman, Yu Sheng ini dikreasikan oleh empat master chef dari Singapura pada tahun 1960-an. Masih terinspirasi dari tradisi Kanton dalam mengonsumsi irisan mentah hingga hari ini Yu Sheng masih dihidangkan dengan irisan ikan segar. 

Halaman Selanjutnya
img_title