Kaya Manfaat, Minum Kopi Susu di Pagi Hari Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Kopi Susu
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kehadiran kopi susu di pagi hari ternyata membawa ragam manfaat. Bukan hanya akan menghadirkan sensasi dorongan semangat, tetapi juga mampu mencegah penyakit jantung. Para ilmuwan menemukan bahwa tambahan susu pada kopi untuk dikonsumsi saat pagi hari memberikan efek kesehatan menakjubkan.

Simak 5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh

Kopi hitam sendiri sudah dikemas dengan polifenol yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu hidup lebih lama. Sementara itu, protein dari susu dapat menempel pada antioksidan dan membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan.

Eksperimen laboratorium oleh University of Copenhagen menemukan bahwa kopi susu tersebut berarti menggandakan efektivitas polifenol. Tak heran, menyesap secangkir kopi susu di pagi hari membantu tubuh menyerap banyak antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Siap-siap Hadapi Pandemi Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19, Apa Itu?

"Kopi susu menjadi dua kali lebih baik dalam mengurangi pembengkakan berbahaya pada sel manusia," tutur peneliti, dikutip dari VIVA pada Kamis, 16 Februari 2023.

Pembengkakan ini, dikenal sebagai peradangan, dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Penulis studi Profesor Marianne Nissen Lund mengatakan bahwa penelitian tersebut menunjukkan ketika polifenol bereaksi, pengaruhnya terhadap peradangan pada sel kekebalan meningkat.

Arab Saudi Mulai Perketat Aturan Penggunaan Masker untuk Jemaah Haji

“Bisa dibayangkan dengan jelas bahwa campuran minuman ini juga dapat memberikan efek menguntungkan pada peradangan pada manusia. Kami berharap dapat mempelajari efeknya pada manusia," tuturnya.

Ini adalah kabar baik bagi pecinta kopi susu tentunya. Apalagi, warga Inggris meminum 95 juta cangkir kopi setiap tahun atau 181 setiap menit. Belum lagi, di Indonesia begitu menyukai tren kopi susu yang menjamur sejak pandemi COVID-19 dimulai.

Halaman Selanjutnya
img_title