Melihat Aneka Peninggalan Sejarah di Keraton Sumenep sambil Ngabuburit

Keraton Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu wisata budaya di Sumenep yang masih terjaga keasriannya adalah Museum Keraton. Mengunjungi tempat bersejarah ini sambil menunggu buka puasa, merupakan pilihan tepat bagi Anda para pengunjung di Kota Keris ini.

17,4 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Surabaya Sepanjang 2023

Ya, Museum Keraton Sumenep, merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai banyak diganderungi para pelancong, pasca Pandemi Covid-19. Baik dari dalam maupun luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, Mohammad Iksan mengatakan bahwa di Museum Keraton Sumenep ini banyak menyimpan aneka peninggalan sejarah.

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

Bila dilihat dari sisi bangunan, Keraton Sumenep sendiri terdiri dari empat bangunan dan satu Pemandian Putri Taman Sare. Jika dilihat, ada lima bangunan sejarah di komplek keraton tersebut.

"Bagi wisatawan yang ingin melihat peninggalan sejarah secara langsung bisa datang ke sini," kata Iksan dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Minggu, 26 Maret 2023.

Sambut Piala Dunia U-17, Pemkot Surabaya Gelar Turnamen Sepak Bola Antar Kelurahan

Wisatawan yang berkunjung akan masuk dari sebelah selatan. Diawali dengan mengunjungi komplek pemakaman Raja dan Bupati Sumenep. Mulai dari masa kepemimpinan Arya Wiraradja atau Banyak Wedi di tahun 1269 hingga 1292.

Pada periode kepemimpinan selanjutnya, ada Pangeran Djokotole, kemudian Tumenggung Tirtonegoro atau Bindara Saod tahun 1750-1762 sampai bupati saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title