Ribuan Jenis Destinasi Wisata Siap Manjakan Libur Lebaran di Jatim, Lengkap Paket Wisata Juga

Ilustrasi Destinasi Wisata di Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Ribuan jenis destinasi wisata siap memanjakan para wisatawan yang akan berlibur di momentum lebaran di Jawa Timur. Sebagaimana diketahui, Jatim memiliki banyak destinasi wisata eksotik, kekinian dan instagramable untuk dinikmati bersama keluarga dan wisatawan. 

Ribuan Wisatawan Serbu Kebun Raya Mangrove Surabaya Selama Libur Lebaran 2024

Sedikitnya Jatim memiliki 1.368 daya tarik wisata, yang terdiri dari 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata. 

"Pilihan wisata di Jatim lengkap, mulai dari wisata alam, wisata hits kekinian, budaya, sejarah, sampai kuliner yang tidak ada duanya. Jadi, ayo ke Jawa Timur," ungkap Khofifah di Surabaya, Minggu, 16 April 2023. 

Usai Idul Fitri, Kakanwil Kemenkumham Jatim: Pelayanan Publik Langsung Gas!

Menurut Khofifah, Jawa Timur sangat tepat dijadikan tempat menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Jawa Timur juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. 

“Berdasarkan data Disbudpar Jatim tahun 2022, terdapat top 10 kunjungan wisatawan saat libur Lebaran diantaranya Telaga Sarangan Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro, Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember dan Jatim Park II Batu. Ini adalah favoritnya wisatawan nusantara,” urainya. 

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Saat ini, Pemprov Jatim telah berkoordinasi dengan Pemkab dan Pemkot, pengelola usaha pariwisata, pengelola desa wisata BUMDes untuk menawarkan paket-paket wisata yang menarik. Harapannya, paket wisata tersebut akan membuat masa berwisata para wisatawan bertambah dan mempermudah akomodasi wisatawan selama berwisata.

“Banyak yang kita susun dalam paket wisata, seperti paket berwisata di desa wisata, ada ratusan desa wisata yang kita miliki. Banyak diantaranya yang telah terintegrasi dengan potensi wisata hingga tempat penginapan homestay. Paket-paket yang kami sediakan telah kami susun dalam booklet supaya lebih mudah tersosialisasikan ke masyarakat,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title