Benarkah Micin Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Penjelasan Ahli Pangan dan Gizi

Diskusi tentang micin di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Siapa pun pasti tahu pada yang namanya micin. Ya, ia adalah penyedap rasa yang bikin kuliner apa pun menjadi lebih sedap, tentu saja selain penganan yang manis. Karena itu banyak orang biasa menggunakan micin sebagai bahan tambahan saat mengolah makanan. Namun, ada pula yang menghindari micin karena khawatir berdampak buruk pada kesehatan. 

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Pertanyaannya, benarkah micin berpengaruh negatif terhadap kesehatan? Kekhawatiran itu bermula dari sebaran informasi tanpa dasar yang menyebutkan bahwa micin menjadi pemicu obesitas, kanker, bahkan ada yang bilang menyebabkan kebodohan. 

Ahli pangan dari Institut Pertanian Bogor, Hanifah Nuryani Lioe, menjelaskan, mengacu pada hasil penelitian JECFA, komite dunia yang mengkaji risiko penggunaan bahan tambahan pangan seperti MSG (Monosodium Glutamat), micin tidak menimbulkan efek negatif sebagaimana beredar di masyarakat. 

Ahli Gizi Ungkap Cara Bijak Memilih Menu Terbaik saat Sahur dan Buka Puasa

Hal itu dikuatkan dengan Permenkes dan Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan yang menjelaskan bahwa MSG dikategorikan sebagai BTP penguat rasa. Kadar penggunaan maksimum MSG dalam peraturan tersebut adalah CPPB, karena sifatnya tidak menimbulkan efek merugikan terhadap kesehatan.

Namun demikian, tentu saja penggunaan micin tidak boleh berlebihan. Sebab, selain akan merusak rasa pada penganan, penggunaan micin yang berlebihan juga tidak baik. Hal itu sama dengan bahan makanan lainnya yang apabila dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. 

Heboh AMDK Mengandung Bromat, Bisa Sebabkan Kanker hingga Masalah Reproduksi

“ Apa pun yang berlebihan itu tidak baik,” kata Hanifah dalam acara whorkshop bertema Cinta Pakai Micin, Why Not? Di Surabaya baru-baru ini, dikutip Viva Jatim pada Minggu, 28 Mei 2023.

Menurutnya, penggunaan micin yang terlalu banyak rasa yang akan didapatkan dari makanan tidak akan sedap dan gurih. Bila berlebihan, justru yang akan terasa ialah rasa asin seperti kebanyakan garam, bukan umaminya. “Kira-kira penggunaan [micin] itu sepersepuluh dari penggunaan garam,” tandas Hanifah.

Halaman Selanjutnya
img_title