Waspada Anak Candu Gadget saat Libur Sekolah, Dampaknya Fatal!

Tips Mendidik Anak di Era Milenial
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Dunia anak-anak hari ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Mereka sudah enggan bermain dan berinteraksi dengan teman bermainnya. Cenderung berinteraksi dengan benda-benda mati, seperti gadget, televisi dan sebagainya.

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Dilansir dari VIVA, Selasa, 20 Juni 2023, sebuah riset dari Common Sense Media mengungkap peningkatan luar biasa anak-anak yang menggunakan gadget seperti smartphone dan tablet meningkat hanya dalam dua tahun. Apalagi, libur sekolah, anak suka menghabiskan waktu dengan bermain gadget.

Dari 38 persen pada tahun 2011, survei dua tahunan mengungkapkan bahwa anak-anak di bawah usia delapan tahun yang menggunakan perangkat seluler telah meningkat menjadi 72 persen pada tahun 2013.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Dilakukan pada orang tua Amerika sendiri, survei lebih lanjut menunjukkan peningkatan paparan gadget balita dari 10 persen menjadi 38 persen.

Dengan ini, American Academy of Pediatrics melarang penggunaan teknologi untuk anak di bawah usia dua tahun dengan mengatakan bahwa hal itu mengubah sifat masa kanak-kanak.

42 Anak di Lamongan Terserang DBD, 8 Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Pada tahun yang sama, University of Wisconsin menunjukkan bahwa balita cenderung merespons lebih baik layar video yang memulai interaksi, sehingga efek tablet menenangkan bagi anak-anak.

Pendiri Common Sense Media Jim Seyer menjelaskan bahwa gadget digital ini mengubah seluruh gaya hidup masa kanak-kanak, bahkan menggantikan TV, mainan, taman bermain, dan buku cerita.

Halaman Selanjutnya
img_title