7 Lokasi Wisata Religi Ziarah Makam Wali di Jawa Timur, Cocok untuk Liburan Idul Adha

Makam Syaikhona Kholil, Kabupaten Bangkalan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim –Hari libur biasanya digunakan masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata. Selain wisata alam, wisata religi juga dapat menjadi destinasi favorit untuk mengisi liburan.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Provinsi Jawa Timur mempunyai banyak makam ulama besar yang diyakini merupakan wali atau kekasih Allah SWT. Misalnya makam lima wali anggota wali songo di sejumlah daerah.

Kemudian ada juga makam ulama besar yang terlibat pergerakan pada masa penjajahan dan mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama, Hadratussyeikh Hasyim Asyari serta makam orang-orang alim lainnya.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Nah, berikut ini tujuh lokasi wisata religi ziarah makam wali di Jatim seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Makam Sunan Ampel Surabaya

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Sunan Ampel merupakan anggota dewan Wali Songo tertua yang memiliki peranan besar dalam pengembangan dakwah Islam di Jawa dan tempat lain di Nusantara. Makamnya ada di Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir Kota Surabaya.

Sampai sekarang, makam Sunan Ampel masih terus ramai didatangi para peziarah kubur, bukan hanya warga Surabaya dan sekitarnya, melainkan juga datang dari berbagai daerah di seluruh wilayah Nusantara. Di sebelah Makam Sunan Ampel ada makam istri pertamanya yaitu Dewi Condrowati atau Nyai Ageng Manila.

Halaman Selanjutnya
img_title