Bahaya Kanker Mengintai dari Daging Kurban yang Dibuat Sate dan Bakar-bakaran, Benarkah?

Ilustrasi Daging Merah
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Ahli epidemiologi kanker Mary Beth Terry, PhD, profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman Universitas Columbia  mengatakan bahwa rasa sate dari daging segar ada kekhawatiran bahaya kanker yang mengintai. Menurutnya, sebenarnya belum ada sebab akibat antara mengonsumsi makanan yang dimasak dengan panggangan dan terkena kanker. 

Penjual Es Legen Raup Berkah Cuan saat Cuaca Panas Landa Surabaya

Akan tetapi, menurut Direktur asosiasi untuk pencegahan kanker komunitas di Columbia's Herbert Pusat Kanker Komprehensif Irving ini menambahkan bahwa studi telah menemukan memasak langsung di atas api tanpa penghalang dapat menyebabkan munculnya karsinogen dalam daging. 

"Jika seseorang berisiko lebih tinggi terkena kanker, risiko itu dapat meningkat dari paparan semacam ini," kata dikutip VIVA Jatim dari laman Columbia, Rabu 28 Juni 2023. 

6 Kuliner Khas Madiun yang Wajib Dicicipi, Harganya Murah dan Bikin Nagih

Memanggang dapat menciptakan bahan kimia penyebab kanker Saat memasak dengan api besar, terutama api terbuka, seseorang terpapar pada dua karsinogen utama yakni amina aromatik heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). 

Studi menunjukkan HCA dan PAH menyebabkan perubahan DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker. HCA berkembang dalam daging ketika asam amino dan kreatin (protein) bereaksi terhadap panas tinggi. Waktu adalah musuh yang artinya Jumlah HCA meningkat semakin lama daging terpapar panas.

Resep Bakso Daging Sapi Enak dan Mudah, Bisa Jadi Pilihan Masak Daging Kurban

PAH adalah bahan kimia yang dihasilkan saat lemak terbakar dalam nyala api dan dapat menempel pada masakan daging di atas api terbuka. Saat memanggang, seseorang juga terpapar PAH dalam asap. Asap rokok dan polusi udara juga mengandung PAH, yang sebagian menjelaskan mengapa merokok dan polusi udara terkait dengan kanker yang berbeda.

Terlebih, sayuran tidak memiliki protein, tetapi pembakaran yang berlebihan dapat membuat benzopyrene dan karsinogen lainnya. Lantas, bagaimana mencegah kanker tersebut? Karsinogen dan Pencegahan Sederhana. 

Halaman Selanjutnya
img_title