Panduan Islam tentang Cara Menjaga Diri dari Pergaulan Buruk

Ilustrasi Nyai
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu yang menentukan baik dan tidaknya kehidupan seseorang adalah aspek pergaulannya. Sebab, dari pergaulan itulah kepribadian seseorang akan terbentuk. Baik atau buruk tergantung siapa yang paling bisa mempengaruhi.

Ustaz Adi Hidayat Sarankan Potong Kuku Begini

Untuk itu, setiap orang perlu kiranya menjaga diri dari dampak buruk pergaulan dengan orang-orang yang tak tepat. Pergaulan yang baik akan menghantarkan seseorang menjadi hamba yang di Ridlai oleh Allah SWT. Maka penting mengetahui cara dalam Islam menjaga diri dari pergaulan yang tak baik.

Berikut ini penjelasan Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari VIVA, Senin, 10 Juli 2023. Ia menjelaskan bahwa kita perlu menjaga diri dari orang-orang yang membawa dampak buruk bagi kehidupan kita. Dalam QS. Al Mumtahanah ayat 13, Allah SWT memperingatkan umat manusia untuk menjauhi orang yang menjauhkan kita dari ridho-Nya.

Teguhkan Iman, Waspada Berbagai Fitnah Dajal di Akhir Zaman

"Jangan banyak bergaul dengan orang yang menjauhkan kita dari ridho Allah," ujar dalam unggahan di YouTube Adi Hidayat Official, Minggu 9 Juli 2023.

Untuk itu, sangat penting memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar. Bisa dimulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti suami atau istri dan anggota keluarga lainnya.

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

"Pertama, bikin kebaikan di rumah tangga dulu itu kan teman hidup. Kalau melihat istri kurang baik atau sebaliknya jangan dihakimi, justru Allah kirimkan antum itu untuk menebar kebaikan dan menyempurnakan bersama," jelas sang pendakwah.

Setelah kiranya memiliki hubungan baik dengan orang-orang di sekitar, supaya hidup menjadi lebih tenang dan terhindar dari orang yang membawa kemaksiatan, carilah tempat tinggal di lingkungan dengan suasana dan tetangga yang baik pula.

Halaman Selanjutnya
img_title