Di Usia Ini Anak Harus Dapat Pendidikan Seksual, Mengapa?

Peringatan Hari Anak Nasional 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu yang penting ditanamkan pada diri anak adalah pendidikan. Sebab dari situlah karakter, sikap, perilaku, dan pola pikirnya diasah. Bila pendidikan yang diberikan baik dan tepat, pertumbuhan anak tentu akan lebih baik.

50 Advokat dan Akuntan Publik Jalani Pendidikan, Pimpinan AKPI: Penting Bekerja Profesional!

Salah satu pendidikan yang penting diberikan kepada anak adalah pendidikan seksual atau sex education. Memberikan pendidikan seksual yang tepat dan sesuai usia pada anak adalah suatu hal yang penting dan relevan untuk mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh.

Dilansir dari VIVA, Kamis, 3 Agustus 2023, pendidikan seksual pada anak merupakan proses memberikan informasi dan pemahaman tentang tubuh, reproduksi, perbedaan jenis kelamin, privasi, dan perilaku seksual yang sehat sesuai dengan tingkat usia mereka.

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Tujuan dari sex education pada anak adalah untuk membantu mereka memahami perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada masa pubertas, mempromosikan sikap yang bertanggung jawab terhadap seksualitas, mengajarkan tentang kesehatan reproduksi, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan pengambilan keputusan yang bijaksana.

Penting untuk menyampaikan informasi yang sesuai dengan usia anak dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Orangtua dan pendidik berperan penting dalam memberikan pendidikan seksual yang benar dan menyelaraskan nilai-nilai budaya dan agama keluarga.

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Dengan demikian, anak-anak dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan seksual dan menghormati diri sendiri serta orang lain dalam hubungan antar pribadi.

Pendidikan seksual juga berfokus pada mengajarkan keterampilan komunikasi dan pengambilan keputusan yang baik terkait hal-hal tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title