Komitmen Merawat Lingkungan, HCML Tanam Puluhan Ribu Mangrove di Jatim

HCML dalam aksi tanam mangrove.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) membuktikan kepeduliannya pada lingkungan hidup dengan melakukan gerakan menanam pohon bakau atau mangrove di sejumlah daerah di Jawa Timur. Sejak tahun 2017, sedikitnya 69 ribu batang mangrove sudah ditanam di beberapa titik kawasan pesisir di Jatim.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Selama tujuh tahun, HCML telah melakukan ikhtiar untuk merawat dan menjaga konservasi alam. Pada tahun ini, aksi menanam mangrove digelar di momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Beat Plastic Pollution” dengan slogan “Solutions to Plastic Pollution”. 

Pada tahun 2020, HCML menanam 16.500 tanaman mangrove di Desa Semare, Pasuruan, untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Time for Nature”. Tahun berikutnya, di Pulau Mandangin dan Desa Semare, dengan  tema “Ecosystem Restoration”, HCML menanam 17.500 mangrove di Semare dan melakukan transplantasi terumbu karang di Perairan sekitar Pulau Mandangin. 

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Tahun lalu, bertema “Only One Earth”, HCML menanam 100 pohon mangrove di Sumenep dan meneruskan program transplantasi karang di perairan sekitar Pulau Mandangin.

Nah, pada tahun ini, penanaman mangrove kembali dilakukan dengan metode guludan, yaitu salah satu metode penanaman mangrove yang ditanam pada kondisi permukaan air laut sedang pasang. 

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Selain di kawasan mangrove, metode ini dapat dipakai di kawasan berawa seperti hutan gambut dan hutan rawa.

General Manager HCML, Kang An, menjelaskan, kegiatan tahun ini bagian dari program perusahaan untuk kampanye kesadaran lingkungan. 

Halaman Selanjutnya
img_title