Kuliner Lobster Khas Pulau Bawean, Olahan Sea Food yang Bikin Ngiler

Oahan Lobster Chanai Cinta menjadi primadona wisatawan
Sumber :
  • Istimewa

Gresik, VIVA Jatim –Terdapat ragam kuliner di pulau Bawean yang mulai dikenal di nusantara. Kali ini, hidangan dari Bawean yang akan diulas adalah Lobster Chanai yang memiliki rasa yang sangat menggugah selera.

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Lobster Chanai Cinta ini berasal dari Bawean, Gresik Jawa Timur, dan memiliki cita rasa istimewa. Selain ukuranya super besar, tekstur dagingnya juga lebih padat dan lembut, karena menggunakan lobster segar hasil tangkapan nelayan.

Olahan Lobster Chanai Cinta saat ini semakin populer dan diminati oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke kepulauan Bawean yang berjarak 80 mil dari pelabuhan Gresik. Namun sayangnya, makanan khas dari masyarakat kampung nelayan di Bawean ini belum memiliki cabang di tempat lain.

Mengenal Sejarah Ketupat yang Identik dengan Menu Khas Lebaran

Penggemar kuliner Sea Food yang ingin merasakan sensasinya, maka wajib berkunjung di kepulauan Bawean, tepatnya di Desa Sido Gedung Batu, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik. 

Pemilik Resto Olahan Sea Food, Supar (53) mengatakan olahan Lobster Chanai Cinta hanya tersedia di Bawean dan tidak ditemukan di tempat lain. "Dinamakan Chanai cinta karena menggunakan bumbu rempa rempa khas kampung Melayu dan diproses dengan rasa cinta," ujar pria yang menjabat  Kepala Desa Sido Gedung Batu dikutip dari iNewsGresik.id pada 12 Desember 2023.

Bikin Ngiler, 5 Makanan yang Bisa Dicicipi saat Mudik Lebaran ke Lamongan

Keunggulan olahan Lobster Chanai cinta ini karena menggunakan lobster segar hasil tangkapan nelayan setempat. Semua hasil tangkapan nelayan ditampung dalam kerambah yang telah disediakan di kawasan pesisir pantai. Nelayan akan mengambil lobster di kerambah, sesuai kebutuhan setiap harinya.

"Jadi bukan dari mesin pendingin (Freeezer), tetapi lobster berukuran besar yang masih segar karena langsung dari kerambah di pesisir pantai," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title