Tanam Jagung, Cara Wamentan RI Bertekad Wujudkan Swasembada Pangan ke Sejumlah Daerah

Wamentan (putih) didampingi Bupati Lamongan saat tanam jagung
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan tanam jagung di Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Selasa, 6 Februari 2024.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Penanaman jagung di area lahan seluas 28 hektar ini dilakukan bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, serta Forkopimda Kabupaten Lamongan.

Wamentan Harvick mengatakan, penanaman ini akan terus dilakukan di berbagai daerah guna meningkatkan produksi nasional. Sebab, menurutnya, saat ini Kementerian Pertanian tengah fokus untuk menggenjot produksi jagung dan beras.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

"Kita sedang menggalakkan padi dan jagung. Sebagaimana harapan bapak Presiden, bahwa produksi padi dan jagung di tahun 2024 ini bisa menambah cadangan pangan nasional guna mewujudkan swasembada," katanya.

Wamentan Harvick berharap peran aktif dari pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan nasional, terutama pada komoditas beras dan jagung.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

"Apalagi beberapa waktu lalu kita menghadapi cuaca el nino yang menyebabkan mundurnya waktu musim tanam," ujar Wamentan.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menyampaikan bahwa daerahnya merupakan salah satu lumbung pangan nasional. Bahkan dengan total produksi jagung mencapai 1,2 juta ton di tahun 2022, menempatkan Lamongan terbesar di Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title