Banjir terjadi di Wilayah Sidoarjo, Plh Gubernur Jatim Adhy Susuri Sungai dan Bersihkan Eceng Gondok

Plh Gubernur Jatim, Adhy Karyono bersihkan eceng gondok
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Sidoarjo, VIVA JatimBanjir yang terjadi di wilayah Sidoarjo pada 5 Februari 2024 yang lalu, ikut menggerakkan Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono untuk melakukan operasi tanggap darurat secara langsung dengan melakukan susur sungai sekaligus pembersihan eceng gondok di wilayah Juanda dan Bungurasih Sidoarjo, Kamis, 15 Februari 2023. 

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Di kesempatan ini, Adhy menegaskan bahwa proses penanganan akan terus dilakukan dan akan selesai dalam jangka waktu satu bulan.

"Ini adalah operasi tanggap darurat bencana banjir yang kemarin di kawasan sekitar Sidoarjo, kita bersama melanjutkan pembersihan eceng gondok di jalur Kali Buntung supaya air dapat mengalir dan tidak tergenang dari hulu ke hilir karena koloni eceng gondok yang menutupi permukaan sungai," ungkapnya. 

Respons Keluarga Via Vallen Usai Digeruduk soal Gadai Motor RF

Didampingi Pj Sekda Kab. Sidoarjo Andjar Surjadianto dan jajaran Kepala OPD Jatim, peninjauan pembersihan sungai dari eceng gondok dimulai dari pos Susur Sungai Segoro Tambak menggunakan perahu karet. Dalam peninjauan ini, dari total 5 km aliran yang tertutup eceng gondok, 1,4 km telah dibersihkan menggunakan satu buah excavator. 

Dalam proses susur sungai, Plh. Gubernur Adhy bersama rombongan memecah kumpulan eceng gondok yang tumbuh setinggi setengah meter dan menahan laju aliran sungai. Tampak juga sisa-sisa eceng gondok yang telah diurai dengan excavator di muara sungai. 

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

Tak sampai di sana, rombongan lalu melanjutkan peninjauan ke hilir Kali Buntung di Bungurasih. Pada titik ini juga telah disiapkan berbagai alat berat untuk pembersihan eceng gondok. Dengan rincian 1 unit excavator standart PC 200, 1 unit excavator standar PC 75, 1 unit pontoon Dinas PU Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, dan 4 unit dump truck dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo.

Salah satu tantangan, sebut Adhy, adalah wilayah bantaran Kali Buntung yang kini sudah menjadi pemukiman dan cukup padat penduduk. Sehingga, tidak banyak alat berat yang bisa mengakses bantaran sungai dan harus dilaksanakan secara bertahap. 

Halaman Selanjutnya
img_title