Sirekap Bukan Penentu Hasil Pemilu, KPU Tetap Mengacu pada Rekapitulasi Manual

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA JatimPesta demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah usai. Namun berbagai asumsi dan kritik terus dilontarkan sejumlah pihak kepada penyelenggara, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terutama ihwal Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dinilai amburadul. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa Sirekap bukanlah penentu hasil Pemilu 2024. Melainkan dokumen dalam amplop bersegel, berisi hasil rekapitulasi manual berjenjang yang menjadi acuan.

Hal ini, kata dia, juga yang akan dilakukan dalam proses rekapitulasi nasional berdasarkan formulir penghitungan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). 

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Pernyataan tersebut disampaikan Hasyim menanggapi pertanyaan perwakilan paslon 03 dan paslon 01, maupun para saksi-saksi caleg, yang mempertangakan masalah Sirekap. Dikutip dari VIVA, Kamis, 29 Februari 2024.

"Di peristiwa ini (rekapitulasi pemilih luar negeri), yang akan kami gunakan dalam tayangan ini tetap dari formulir-formulir hard copy di dalam sampul (amplop) yang dikirim atau dibawa oleh teman-teman PPLN, maupun nanti pada gilirannya oleh KPU Provinsi. Ini jadi dasar kita untuk proses rekapitulasi (hasil penghitungan manual)," kata Hasyim dalam sidang pleno rekapitulasi nasional di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Februari 2024.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Hasyim mengatakan, perbaikan data Sirekap tetap yang digunakan adalah foto dalam proses rekapitulasi. Pasalnya, sistem KPU akan membaca, jika di satu TPS melebihi 300 suara, maka terjadi anomali. Untuk koreksinya, tercatat dengan baik tanggal ataupun waktunya.

"Koreksi itu dalam rangka kalau ada unggahannya anomali, katakanlah per TPS kan 300 (suara). Kalau melebihi 300, pasti anomali dan ini kemudian kami cek dari foto yang diunggah Sirekap," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title