GP Ansor Surabaya Ancam Tolak Semua Pengajian Ustaz Syafiq Basalamah, Begini Alasannya

Kepala Satuan Koordinator Cabang Banser Kota Surabaya Agustiya Deni.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Serba Guna (Banser) Kota Surabaya mengancam bakal terus menolak semua pengajian yang mendatangkan Ustaz Syafiq Riza Basalamah sebagai pengampu apabila tuntutannya tidak dipenuhi.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

Tuntutan itu diantaranya, Ustaz Syafiq Basalamah harus mengklarifikasi maksud ceramahnya yang bernada hinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU) seperti pada video yang beredar di media sosial.

"Selama beliau, Ustaz Syafiq Basalamah ini tidak memberikan ruang, tidak memberikan apa namanya, klarifikasi soal video-video, konten-kontennya yang menyinggung ajaran NU. Tidak mengklarifikasi itu dan berkomitmen untuk tidak mengulang, atau mengubah metode dakwahnya ya tetap kita lakukan [penolakan] itu," ujar Kepala Satuan Koordinator Cabang Banser Kota Surabaya, Agustiya Deni kepada wartawan, Sabtu, 2 Maret 2024.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Ia mencurigai, alasan tak kunjung bersedianya Ustaz Syafiq Basalamah mengklarifikasi sesuai permintaan GP Ansor dan Banser, lantaran diduga ada sejumlah oknum yang sengaja membiarkan umat islam terpecah belah dengan cara memprovokasi melalui konten-konten negatif.

"Saya pribadi menilai, orang-orang di balik, di belakang Ustaz Syafiq Basalamah itu harus bertanggung jawab. Bukan malah membiarkan seperti Ustaz Firanda yang dibiarkan konten-kontennya bertebaran memprovokasi umat," lanjutnya.

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

Selain meminta supaya Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengklarifikasi. Pihaknya juga mendesak supaya setiap pengajian digelar secara terbuka dengan menyebar undangan bagi masyarakat umum.

Ia melihat, setiap pengajian yang menghadirkan ustaz lulusan Universitas Islam Madinah tersebut terkesan tertutup dan hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu.

Halaman Selanjutnya
img_title