Jelang Ramadan, Puluhan Anggota Perguruan Silat dan Banom NU di Trenggalek Bersihkan Kuburan

Suasana 'Resik-resik Kuburan' di Karanganom Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Sejumlah anggota Banom NU mulai Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor (GP) Ansor, IPNU-IPPNU, perguruan silat dan beberapa warga Desa Karanganom Kecamatan Durenan Trenggalek berinisiatif membersihkan makam umum jelang bulan Ramadan. 

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Wakil Ketua I GP Ansor Karanganom, Kabib Khoirul Wahab mengatakan 'Resik-resik Kuburan' ini sudah kedua kali. Menurutnya, kegiatan ini memang bentuk sosial yang bisa dilakukan oleh Ansor, IPNU-IPPNU, serta perguruan pencak silat.

"Biasanya banyak yang berziarah menjelang Ramadan. Kalau kelihatan rumputnya lebat tidak enak dipandang, bersih begini lebih nyaman saat berziarah," jelas Kabib Khoirul Wahab, Minggu, 3 Maret 2024.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Kabib mengaku meskipun belum maksimal, inti agenda bersih-bersih kuburan di usahakan dadi agenda rutin tiap tahun menjelang Ramadan. Selain itu, lewat kegiatan ini bisa menambah persaudaraan antar organisasi.

"Semoga membuat tambah rukun antar organisasi di Desa Karanganom," bebernya.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Senada, Perwakilan dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Karanganom, Maulana Dwi Santoso menuturkan kesan bersih-bersih kedua ini semakin bagus. Memiliki esensi yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari.

"Mengingatkan kita semua bahwa makhluk pasti akan mati dan tidak tau waktunya kapan. Sehingga bisa mengendalikan perilaku ketika masih hidup," jelas Maulana Dwi Santoso.

Halaman Selanjutnya
img_title