Gapasdap Gandeng Kemenhub dan KNKT Bahas SOP Pengangkutan Kendaraan Listrik di Surabaya

Khoiri Soetomo, Ketum Gapasdap bersama Wahyudi dari Kemenhub
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) dan Kementerian Perhubungan serta Komisi Nasional Keselamatan Transportasi berdiskusi bersama di Surabaya, Selasa, 5 Maret 2024.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Khoiri Soetomo Ketua umum Gapasdap mengatakan, diskusi digelar sebagai tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya di Bandar Lampung pada, medio November 2023 lalu. Yang membahas mengenai pentingnya Standart Operating Procedure (SOP) pengangkutan kendaraan listrik menggunakan kapal penyeberangan.

Menurut Khoiri, angka kecelakaan kapal penyeberangan sangat tinggi, dimana 33 persen lebih berupa insiden kebakaran yang dipicu oleh material angkut berupa limbah B3 hingga barang berenergi seperti kendaraan listrik.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Melihat dari kondisi tersebut, kita juga mengetahui tahun [2023] kemarin, juga ada kejadian beberapa kebakaran kapal yang disebabkan oleh muatan di atas truk yang masuk ke dalam kapal. Dimana muatan itu berasal dari kendaraan listrik, terutama kendaraan sepeda motor listrik," ujar Khoiri di hadapan awak media, Selasa, 5 Maret 2024.

Apalagi kapal selama ini jadi pilihan utama sebagai sarana angkutan penyeberangan laut, sungai dan danau daripada transportasi darat maupun udara.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

"Inilah yang menyebabkan kita tidak ingin kejadian-kejadian tersebut terus berulang," lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menggandeng Kemenhub, KNKT serta berbagai perusahaan jasa pegiriman untuk merealisasikan berbagai langkah yang telah dibuat demi keselamatan dan keamanan angkutan penyeberangan.

Halaman Selanjutnya
img_title