Hujan Deras Sebabkan Banjir Setinggi 40 CM di Trenggalek

Banjir setinggi 40 centimeter remdam jalan dan pekarangan warga
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Hujan deras yang mengguyur selama tiga jam membuat sungai Desa Ngares, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek meluap tidak mampu menampung debit air. Sehingga menyebabkan banjir setinggi 40 cm.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono mengungkapkan bahwa hujan deras berawal pada pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB. Gegara sungai desa tak mampu menampung air, meluber ke jalan dan perkampungan.

"Akibat curah hujan yang deras dengan intensitas tinggi. Air sungai meluap ke persawahan dan jalam menuju ke Dusun Temon setinggi 40 cm atau selutut kaki orang dewasa," ujar Stefanus Triadi Atmono, Selasa, 5 Maret 2024.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Melihat air sungai meluap, Triadi mengatakan pada pukul 16.00 WIB, Babinsa, aparat desa dan meninjau lokasi dan rumah warga. Kendati demikian, tidak sampai masuk ke rumah warga. Melainkan hanya sampai halaman dan pekarangan rumah.

"Kami Memantau wilayah bersama perangkat desa dan melaporkan ke komando atas," bebernya.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Atas kejadian tersebut, Triadi mengaku tidak ada korban jiwa maupun kerusakan material. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, terutama saat melintasi jalan umum yang masih tergenang air.

Hingga berita ini ditulis, kondisi lokasi mulai berangsur surut dari ketinggian awal. Sementara BPBD Trenggalek bersama relawan masih memantau kondisi lokasi bersama Babinsa setempat.