Rekapitulasi Suara di KPU Jatim Rampung, AMIN Ungguli Ganjar-Mahfud

Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara KPU Jatim di Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melalui Rapat Pleno Terbuka yang digelar di Hotel Shangri-La, Kota Surabaya, telah rampung. Hasilnya, pasangan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengungguli pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024 di Jawa Timur memperoleh 4.492.652 suara, unggul tipis bila dibandingkan perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapat 4.434.805 suara.

Sementara untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara signifikan sebesar 16.716.603 suara.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi mengatakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Timur selesai pukul 04.30 WIB, Senin, 11 Maret 2024, dini hari tadi.

"Alhamdulillah hari ini terakhir kita menyelenggarakan rekapitulasi tingkat provinsi dan 38 kabupaten/kota sudah selesai membacakan hasil rekapitulasi masing-masing di tingkat kabupaten/kota di hadapan rapat pleno provinsi untuk 11 daerah pemilihan DPR RI dan 14 daerah pemilihan DPRD Provinsi, serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dan daerah pemilihan pemilu perseorangan DPD," ujarnya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Ia merinci, Pemilu 2024 telah diikuti sebanyak 84,5 persen pemilih di Jawa Timur. Angka tersebut meningkat bila dibandingkan prosentase partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 lalu.

"Ya kalau KPU sendiri mencanangkan 77,5 persen, di Jatim rata-rata 84,5 persen itu berarti kan melebihi target," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title