Arosbaya Bangkalan dan Sampang Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh

Arus lalu lintas di Jrengik Sampang macet akibat banjir
Sumber :
  • VIVA Jatim/Hady Mohammad

Bangkalan, VIVA Jatim – Sejumlah desa di Kabupaten Bangkalan dan Sampang terendam banjir akibat diguyur hujan deras sejak Senin malam hingga Selasa, 11-12 Maret 2024. Arus lalu lintas di jalan utama nasional bahkan sempat lumpuh.

Hantam Pembatas Jalan, Truk Muatan Teh Pucuk Terguling di Mojokerto  Sebabkan Arus Lalin Macet

Di Bangkalan, banjir terparah terjadi di Kecamatan Arosbaya. Sedikitnya 4 desa tergenang air. Berdasarkan data dari kepolisian, hingga Selasa siang sekitar pukul 14.00 WIB, ribuan warga jadi terdampak banjir tersebut. Akses jalan menuju Geger juga macet total.

"Untuk sementara akses Arosbaya menuju Geger melalui Desa Buduran ke timur belum bisa dilewati oleh kendaraan R2 dan R4 karena genangan air yang cukup tinggi," kata Wakil Kepala Polres Bangkalan, Kompol Adi Febrianto Ali.

Motor Vario Viral Tak Bertuan di Jembatan Suramadu Ternyata Milik Warga Surabaya

Ia pun menghimbau kepada masyarakat yang hendak menuju ke arah utara Kabupaten Bangkalan untuk mencari alternatif jalan lain.

Adi bersama jajaran Polres Bangkalan, pihak Kodim 0829 dan BPBD setempat, langsung terjun ke Arosbaya membantu mengevakuasi warga terdampak yang mencapai sekitar 2000 orang. Ia menjelaskan, banjir terparah terjadi di Desa Buduran.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Sementara di Kabupaten Sampang yang diguyur hujan deras sejak Selasa dini hari menyebabkan debit air di beberapa sungai tak tertampung, hingga akhirnya meluap ke permukiman warga dan badan jalan arteri.

Banjir parah di antaranya terjadi di Kecamatan Jrengik, perbatasan antara Bangkalan dan Sampang. Di Jrengik, luapan air Sungai Panyiburun terjadi akibat banjir kiriman dari Kecamatan Tambelangan dan Konang Kabupaten Bangkalan.

Halaman Selanjutnya
img_title