Masuk Zona Merah, Luapan Sungai Bengawan Solo di Gresik Rendam Rumah Warga di Dua Kecamatan

Petugas gabungan meninjau banjir luapan Bengawan Solo
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Status sungai Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Gresik masuk zona merah, menyusul elevasi Tinggi Muka Air (TMA) sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut terus mengalami peningkatan sejak Minggu, 10 Maret 2024 lalu.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Dua Kecamatan di Kabupaten Gresik, luapan air sungai Bengawan Solo mulai rendam pemukiman dan masuk ke rumah-rumah warga yakni Kecamatan Bungah dan Kecamatan Dukun.

Ketinggian air pun bervariasi, bahkan mencapai 40 hingga 60 cm di atas tanah. Banjir yang merendam wilayah Kecamatan Dukun salah satunya terjadi di Desa Madu Mulyorejo.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Luapan air masuk di beberapa permukiman dan jalan desa. Tercatat sebanyak 18 KK di desa setempat yang rumahnya terendam air dan ketinggian air mencapai 20 hingga 30 cm di atas tanah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gresik Miko Herlambang menuturkan bahwa banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Bungah berada di Desa Bungah.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Selain masuk rumah warga, luapan air juga merendam Jalan Poros Desa (JPD) dan Jalan Lingkungan Desa.

“Desa Bungah yang terdampak adalah Jalan Lingkungan di Dusun Karangpoh tergenang 10 – 40 cm, lalu JPD tergenang 20 – 50 cm,” ujarnya, Rabu, 13 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title