4 Kunci Penentu Suara PKB Melambung, 1 Faktor Dukungan NU Kultural

Ta'aruf Caleg PKB terpilih DPRD Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali menjadi jawara di Jawa Timur pada Pemilu 2024. Naiknya kursi PKB kali ini didukung oleh beberapa faktor.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah mengatakan, setidaknya ada empat faktor yang menjadi menyokong naiknya perolehan kursi PKB. Pertama karena mendapat efek ekor jas dari posisi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang berkontestasi di pilpres sebagai cawapres dari Anies Baswedan.

"Tentu ini berpengaruh besar terhadap lajunya kursi partai," kata Anik saat konferensi pers usai buka bersama dan ta'aruf caleg PKB terpilih DPRD Jatim, Sabtu 16 Maret 2024.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Menurut Anik, tingginya perolehan suara PKB tidak hanya terjadi di Jatim, melainkan di seluruh wilayah provinsi, kabupaten dan kota.

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menyebut Provinsi Aceh misalnya, PKB di pemilu 2019 hanya mendapat satu kursi, namun di pemilu 2024 PKB berhasil pecah telor dengan mengemas 5 kursi.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Sebagai salah satu partai besar, PKB sudah menempati urutan ke empat dari semua partai yang masuk ke parlemen. Bahkan PKB diprediksi mendapat jatah 80 kursi.

"Itu tandanya faktor kedua adalah manajerial, leadership, serta kepiawaian Ketum PKB dalam memimpin partai," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title