Mendagri Sebut Pemilu 2024 Lebih Teduh dan Sejuk Dibanding 2019 Lalu

Pemilih saat memasukan surat suara ke kotak suara Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Jakarta, VIVA Jatim – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan hasil rekapitulasi suara. Rabu malam, 20 Maret 2024 kemarin.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai bahwa Pemilu 2024 ini jauh lebih teduh dan sejuk dibanding dengan Pemilu 2019 lalu. Pelaksanaannya pun sangat kondusif dan tertib sehingga pesta demokrasi berlangsung khidmat.

"Kalau saya melihat ngalamin dua kali pemilu saya lihat merasa Pemilu 2024 ini lebih teduh, lebih sejuk dibanding Pemilu 2019," ujar Tito dikutip dari VIVA, Kamis, 21 Maret 2024.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Selain itu, kata dia, kelancaran seluruh rangkaian Pemilu 2024 dapat terlihat saat proses rekapitulasi suara pemilu yang dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat. Ini juga sempat disinggung oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang mengatakan sebagai bentuk transparansi pelaksanaan pemilu.

"Itu semua disampaikan dilaksanakan secara live streaming mulai dari tingkat kabupaten sampai ke atas. Artinya dapat diikuti secara terbuka oleh masyarakat," kata Tito.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Di sisi lain, Tito menegaskan bagi pihak yang merasa tidak puas dengan hasil pemilu yang sudah ditetapkan oleh KPU, maka dapat melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau nanti ada yang merasa tidak puas atau ada yang merasa keberatan kan ada mekanisme yang lain yaitu Mahkamah Konstitusi," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title