Media Asing Ikut Soroti Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi mengumumkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024. Duet yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu diumumkan sebagai pemenang usai rekapitulasi tingkat nasional rampung pada Rabu malam, 20 Maret 2024.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Media asing turut menyoroti Prabowo-Gibran yang bakal memimpin RI periode 2024-2029. Menurut media asal Singapura, Channel News Asia mengatakan Prabowo-Gibran menang telak atas dua paslon rivalnya yaitu nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

"Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto berjanji pada hari Rabu (20 Maret) untuk menjadi presiden bagi seluruh rakyat Indonesia setelah hasil resmi menunjukkan bahwa ia menang telak dalam pemilu," tulis media tersebut dikutip pada Kamis, 21 Maret 2024.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Tidak hanya itu, media asal Turki, Anadolu Ajansi juga memberitakan hal yang sama mengenai kemenangan Prabowo-Gibran dalam kontestasi Pemilu 2024. Prabowo menang telak dari capres rivalnya eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Penghitungan akhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa Prabowo memperoleh 58,6% dari total suara. Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan memperoleh 24,9%. Sedangkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh 16,5%," demikian laporan dari Anadolu Ajansi. 

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Selain itu, media asal Malaysia, The Sundaily, juga menuliskan kemenangan Prabowo dengan judul ‘Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres Indonesia 2024’.

Terakhir, media asal Prancis, France24, menuliskan laporannya terkait popularitas Prabowo yang sudah melonjak karena kinerjanya selama di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan RI.

Halaman Selanjutnya
img_title