Mahasiswa Demo di Kemenag Trenggalek, Pertanyakan Penerapan PMA Pencegahan Kekerasan Seksual

Suasana tuntutan mahasiswa terhadp kasus pencabulan pemimpin ponpes.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA JatimAliansi Mahasiswa Trenggalek ramai-ramai menggeruduk Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Trenggalek buntut kasus pencabulan yang dilakukan oleh pemimpin pondok pesantren, M (72) dan sang anak F (37). Puluhan mahasiswa itu mempertanyakan penerapan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Pencegahan Kekerasan Seksual.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Aksi mahasiswa ini tergabung dalam GMNI, PMII dan IMM Trenggalek. Selain berorasi, mereka menyampaikan tuntutan, sekaligus meminta tanggapan serius dari Kemenag Trenggalek selaku yang menaungi pendidikan ponpes tersebut.

"Kami perlu mempertanyakan bagaimana implementasi dari peraturan tersebut. Aesuai PMA Nomor 73 ini ada aturan bagi satuan pendidikan untuk mewujudkan ruang aman," ujar salah satu Koordinator Aksi Mamik Wahyuningtyas di halaman Kemenag, Kamis, 21 Maret 2024.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Dengan adanya kasus pelecehan seksual ini, dikatakan Mamik kasus pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek mempertanyakan implementasi sekaligus integritas dari Kemenag patut dipertanyakan.

Selain PMA, dikatakannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) juga menjadi instrumen hukum yang lebih efektif guna mengembalikan hak-hak korban kekerasan seksual.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Kami mendesak Kemenag Kabupaten Trenggalek berkomitmen membersamai korban beserta tim pendampingnya dalam mengawal proses penyelesaian kasus kekerasan seksual," terangnya.

Selain itu, mendesak Kemenag Kabupaten Trenggalek dan Kementerian perlindungan perempuan dan anak (KPPA) guna mengembangkan program supaya memastikan lingkungan pendidikan pesantren aman dari kekerasan seksual.

Halaman Selanjutnya
img_title