Diprediksi Ada 31 Juta Orang Mudik di Jawa Timur saat Lebaran 2024

Dirlantas Polda Jatim Kombes Komarudin
Sumber :
  • Mokhamad Dofir / Viva Jatim

Jatim – Direktur Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Komarudin mengatakan akan ada 31 juta pergerakan orang mudik di wilayahnya saat Lebaran 2024.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Angka tersebut 16,2 persen dari total pergerakan 196 juta orang secara keseluruhan di Indonesia selama momen tahunan ini.

"Jawa Timur sebagaimana prediksi yang sudah disampaikan dari Kementerian Perhubungan, bahwa di tahun 2024 ini akan ada sekitar 196 juta pergerakan [orang], diantaranya 16,2 persen atau 31 juta [orang] akan berada ataupun mengarah ke Jawa Timur," ujar Komarudin, Kamis, 21 Maret 2024.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Untuk itu pihaknya bersama stakeholder terkait akan mempersiapkan diri mengantisipasi berbagai hambatan yang mengganggu kelancaran arus mudik Lebaran 2024 seperti bencana alam, perbaikan jalan hingga minimnya infrastruktur jalanan.

Selain itu, ia menegaskan bakal menerjunkan ribuan personel yang akan disebar ke pos-pos di sejumlah titik rawan macet. Terutama di pintu gerbang tol, persimpangan jalan sampai pelabuhan dan penyeberangan.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

"Dan yang tidak kalah penting adalah beberapa simpul-simpul [kemacetan] mulai dari simpang Mengkreng. Kemudian juga arah Banyuwangi Ketapang," lanjutnya.

Komarudian menambahkan, jalur-jalur wisata juga akan menjadi perhatian jajarannya. Karena pada H + 2 Lebaran 2024 nanti, mobilitas masyarakat ke area tersebut diprediksi turut meningkat.

Halaman Selanjutnya
img_title