Ramah Lingkungan, Masjid Supangat Tuban Gunakan Listrik Tenaga Surya

Masjid Supangat gunakan listrik tenga surya.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Tuban, VIVA JatimMasjid Supangat, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menjadi masjid pertama di Tuban yang menggunakan listrik tenaga surya

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

Listrik tersebut juga bisa memenuhi kebutuhan listrik masjid hingga 90 persen. Selain itu, penggunaan listrik tenaga surya untuk mengurangi penggunaan energi fosil di masa depan. 

Muhammad Nur Afif, Program Manager Askara Nusantara menjelaskan, instalasi listrik tenaga surya tersebut sebagai bentuk dukungan bagi pemerintah dalam menggalakkan energi terbarukan.

Terungkap! Wanita Asal Tuban yang Ngaku Dirampok Ternyata Palsu, Modus Investasi Bodong

Tak hanya itu, upaya tersebut juga diharapkan bisa memberikan edukasi bagi generasi muda agar lebih memahami energi dan manfaat ekonominya.

"Hibah instalasi listrik tenaga surya ini merupakan yang pertama kali di tempat ibadah. Biasanya listrik tenaga surya hanya ditemui di rumah-rumah. Hibah ini didapatkan dari donasi masyarakat," kata Nur Afif.

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Supangat Tuban, Edi Utomo, menyambut baik upaya Askara Nusantara dalam membantu dan mensukseskan program pemerintah untuk mewujudkan energi terbarukan.

Untuk itu, lanjut Edi dirinya berharap upaya ini bisa memberikan banyak manfaat bagi masjid setempat dan bisa menular ke tempat-tempat ibadah lain di Indonesia dalam rangka mendukung program energi terbarukan.

Halaman Selanjutnya
img_title