Pj Gubernur Jatim Apresiasi Peran Tagana sebagai Garda Terdepan Atasi Bencana

Pj Gubernur Jatim hadiri peringatan HUT ke-20 Tagana
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengapresiasi peran dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di Jatim. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Apresiasi itu disampaikan Pj. Gubernur Adhy bertepatan pada peringatan HUT ke-20 Tagana, Minggu, 24 Maret 2024.

Menurutnya, kehadirian Tagana dapat meringankan kemampuan pemerintah yang terbatas dalam penanggulangan bencana terutama dari aspek pembiayaan dan personel.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Relawan-relawan sejati ini siap membantu pemerintah memberikan pelayanan kebutuhan dasar berupa distribusi logistik makanan, psiko sosial hingga membantu memulangkan para korban bencana ke tempat tinggal mereka, jika bencana tidak lagi mengancam.

"Saya sangat mengapresiasi sekali perjuangan teman-teman tagana, yang menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah menanggulangi bencana yang selama ini terjadi di Jawa Timur baik mulai dari banjir, longsor, kebakaran hutan hingga baru-baru ini gempa di Tuban," ujar Pj Gubernur Adhy.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Lebih lanjut, Adhy menyebut, dengan hadirnya Tagana upaya penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang menjadi tujuan pemerintah, berhasil dilakukan dan terwujud sangat efektif dalam membantu menanggulangi korban di lapangan.

Sesuai dengan tagline Tagana, _are you ready?_ maka dalam penanggulangan bencana, Pj Gubernur Adhy menyamlaikan bahwa unsur Tagana telah benar-benar menjadi _front line_ yang hadir paling lambat satu jam setelah terjadi bencana.

Halaman Selanjutnya
img_title