Kemenkumham Jatim Lepas 44 Taruna Poltekip Lakukan Penelitian di 18 UPT Pemasyarakatan

Pengarahan pada Taruna Poltekip oleh Kemenkumham Jatim
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim- Sebanyak 44 Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan ke-55 dilepas Kemenkumham Jatim untuk melakukan program Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Senin, 25 Maret 2024 di Aula Raden Wijaya.

Dapat Kunjungan Dirjen HAM, Kemenkumham Jatim: Kami telah Laksanakan P5HAM sesuai Amanah

Diketahui, mereka akan melengkapi data penelitian sebagai bahan penyusunan skripsi atau tugas akhir pada 18 UPT Pemasyarakatan di Jatim hingga 9 April mendatang.

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono mengatakan bahwa para taruna akan mendapati hal-hal yang kotradiktif antara teori di buku dan teknis di lapangan. Hal ini lumrah terjadi karena dalam teknis pelaksanaannya memang ada penyesuaian.

Mantan Bupati Malang Rendra Kresna Bebas Bersyarat Usai Peroleh Remisi 14 Bulan

"Bahkan di setiap UPT nantinya akan berbeda temuan dalam pelaksanaan maupun permasalahannya," ujar Heni yang juga dosen di Poltekip.

Justru, lanjut Heni, hal ini menjadi tantangan bagi taruna yang dalam penelitiannya ditemukan hal yang berbeda. Fenomena ini harus bisa direkam dan dijadikan bahan evaluasi dalam penelitian yang dilakukan oleh taruna.

Masa Orientasi CPNS 2024, Begini Harapan Kakanwil Kemenkumham Jatim

"Jangan asal-asalan, kami berharap kalian menjadi kader yang memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pemasyarakatan yang lebih ideal," harapnya.

Heni mengingatkan agar taruna memperhatikan kembali dasar-dasar atau landasan hukum yang digunakan. Mengingat acuan pelaksanaan pemasyarakatan sudah berubah. 

Halaman Selanjutnya
img_title